History

 

Sejarah BPK PENABUR Serang

KEBERADAAN BPK PENABUR Serang terbilang cukup baru dibandingkan BPK PENABUR di kota lain. Hal ini tidak terlepas dari peran gereja, jemaat, dan dukungan PH untuk membuka sekolah Kristen di Serang, Banten. Kompleks sekolah berada di belakang GKI Serang di Jl. Diponegoro No. 4, terdiri dari jenjang TKK, SDK, dan SMPK.

1989, Pada tanggal 23 Mei BPK PENABUR Serang dibentuk dengan ketua Setyanto kroamintarso dan penasihat Pdt. Samuel Soedarsono. Pengurus ini dilantik pada tanggal  4 Juni. Pada tahun ini pula, TKK PENABUR Serang dibuka dengan kepala sekolah    Sri Moerdini (istri Pdt. Samuel Soedarsono) dan mengambil tempat di ruangan GKI Serang, Jln. Diponegoro No. 4, jumlah murid perdana 36 anak.

1990, SDK PENABUR Serang dibuka dengan murid perdana 9 anak. Sekolah ini juga mengambil tempat di Jln.Diponegoro No. 4. SDK ini diresmikan pada tanggal  29 Maret.

1993, Gedung sekolah yang berlokasi di belakang gereja diresmikan oleh Bupati Serang, Sukron Roshadi, pada tanggal 12 Juni. Sekolah ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1.611 m2 yang sebelumnya adalah pemukiman penduduk.

1997, Pada tanggal 21 April, izin untuk mendirikan bangunan bertingkat seluas 153,6 m2 keluar, sehingga gedung yang akan digunakan untuk TKK ini segera dapat dibangun.

2006, Atas aspirasi jemaat dan untuk menampung lulusan

SDK Serang, maka dibukalah SMPK PENABUR Serang. Seiring dengan itu, dilakukan pembangunan tahap I untuk gedung SMPK. Gedung ini diresmikan oleh Ketua Umum BPK PENABUR, Ir. Robert Robianto, pada tanggal 5 Agustus.

2007 Keluar ijin kepada Yayasan BPK PENABUR Serang untuk mendirikan SMPK mulai TP. 2006/2007 berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang tanggal 8 Maret.